Sabtu, 19 November 2011

Artikel Bioteknologi

Hallo sobat-sobat sekalian, aq mau berbagi cerita ni
 ehmmm…  intinya tentang BIOINFORMATIK  di dunia perikanan
ni dengerin yah…..

Bioinformatika merupakan ilmu terapan yang lahir dari perkembangan teknologi informasi dibidang molekular. Pembahasan dibidang bioinformatik ini tidak terlepas dari perkembangan biologi molekular modern, salah satunya peningkatan pemahaman manusia dalam bidang genomic yang terdapat dalam molekul DNA.
Bioinformatika adalah  teknik komputasi untuk mengelola dan menganalisis informasi hayati. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologi, terutama yang terkait dengan penggunaan sekuens DNA dan asam amino. Contoh topik utama bidang ini meliputi pangkalan data untuk mengelola informasi hayati, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan struktur protein atau pun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.
Perkembangan jaringan internet juga mendukung berkembangnya bioinformatika. Pangkalan data bioinformatika yang terhubungkan melalui internet memudahkan ilmuwan dalam mengumpulkan hasil sekuensing ke dalam pangkalan data tersebut serta memperoleh sekuens biologi sebagai bahan analisis. Selain itu, penyebaran program-program aplikasi bioinformatika melalui internet memudahkan ilmuwan dalam mengakses program-program tersebut dan kemudian memudahkan pengembangannya, seperti pengembangan ilmu genetika dalam merekayasa penciptaan  kultivan yang unggul dalam budidaya.

PDB (Protein Data Bank, Bank Data Protein) ialah pangkalan data tunggal yang menyimpan model struktur tiga dimensi protein dan asam nukleat hasil penentuan eksperimental dan dapat membantu sebagai referensi dalam penelitian-penelitian tentang ilmu genetika dalam bidang budidaya perikanan.


http://teknologihasilperikanan-unsri.blogspot.com/2010/04/bioinformatika.html



SIGMUND QORY ANDREAS / BDP / 260 102 101 10017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar